Panduan Memilih Spesifikasi Komputer Server yang Tepat


Beberapa waktu lalu, kami pernah mengulas masalah server. Di artikel kesempatan ini, kami ingin mengulas selanjutnya mengenai computer server. Apakah itu computer server?
Computer Server: Hardware Untuk Keperluan Server Anda
Computer server yang akan diulas di artikel ini ialah computer yang jadikan jadi hardware untuk keperluan server Anda.

Panduan Memilih Spesifikasi Komputer Server yang Tepat


Server ialah computer, piranti, atau program yang diperuntukkan untuk mengurus sumber daya jaringan. Mereka dapat ditata untuk lakukan pekerjaan yang berlainan. Server yang cuma lakukan pekerjaan mereka jadi server biasa disebutkan dengan arti dedicated server. Memang server sendiri terbagi dalam beberapa macam.


Di bawah ini ialah beberapa macam server yang populer:

-Server situs: Server situs tunjukkan halaman serta jalankan aplikasi lewat browser situs. Server yang tersambung ke browser Anda saat ini ialah server situs yang mengirim halaman yang sedang Anda lihat. Program client, dalam soal ini, kemungkinan ialah browser seperti Internet Explorer, Chrome, Firefox, Opera, atau Safari. Server situs dipakai untuk semua jenis hal tidak hanya mengirim teks serta gambar simpel, seperti untuk unduh serta backup file dengan online lewat service cloud storage.

-Server e-mail: Server e-mail memfasilitasi pengiriman serta penerimaan e-mail. Bila Anda mempunyai client e-mail di computer Anda, piranti lunak ini tersambung ke server e-mail IMAP atau POP untuk mengambil pesan Anda ke computer Anda, serta server SMTP untuk kirim kembali pesan lewat server e-mail.

-Server FTP: Server FTP memberi dukungan perpindahan file lewat alat Protokol Transfer File. Server FTP bisa dibuka dari jarak jauh lewat program client FTP.

Di luar sana memang benar ada beberapa ratus type type server spesial yang berlainan memberi dukungan jaringan computer. Jika Anda memang ingin mempunyai server Anda sendiri, Anda dapat membuat memakai computer apa. Tapi tentu saja Anda butuh tahu detail seperti apa yang diperlukan untuk membuat suatu computer jadi server.

Seperti yang telah dikatakan awalnya, untuk pilih computer apa yang pas untuk jadikan server, Anda butuh tahu dahulu apa yang Anda perlukan. Detail computer untuk jadikan PC game tentu saja berlainan dengan detail computer untuk jadikan server. Sebab computer untuk server memerlukan kemampuan yang cukup relevan. Ini sebab lakukan pekerjaan untuk menghosting web dapat disebut berlainan.
  

Lalu apa yang aspek terpenting yang butuh dilihat dalam pilih computer server?

CPU

Sama dengan waktu belanja untuk computer pribadi, penting untuk mengawali dengan processor sebab ini ialah “otak” dari mesin. Ada dua produsen processor penting yang akan Anda dapatkan di hampir tiap mesin: Intel serta AMD. Beberapa piranti yang lebih simpel seperti netbook memakai processor ARM, tapi mereka belum betul-betul diadopsi untuk tehnologi server sebab daya keseluruhannya yang rendah. Beberapa server sudah berusaha untuk memakainya tapi kurang baik.

Ke-2 merek ini mempunyai bagian positif serta negatifnya semasing, khususnya jika Anda ingin mempunyai server yang mempunyai kapasitas tinggi pada harga yang termonitor. Tetapi, banyak orang lebih pilih memakai Intel untuk server. Ini sebab, dari pemikiran performance, Intel kerja lebih cepat. Processor Intel mempunyai kecepatan baca serta catat yang bertambah cepat dari ingatan pada basis per-inti. Banyak penwaran yang Anda lihat akan mengiklankan enam belas pokok.

Banyak orang yang belanja hosting tak perlu begitu cemas mengenai processor bila mereka cuma ingin menghosting situs situs sebab mereka akan pilih VPS serta tidak memerlukan kemampuan CPU seperti itu. Jika memang software yang Anda pakai berat, Anda mungkin memerlukan CPU dengan core atau pokok yang tambah tinggi.

RAM

Jika processor dipandang seperti otaknya, RAM kerja untuk memastikan berapakah banyak proses yang dapat dikerjakan oleh otak pada saat yang bertepatan. RAM ialah ingatan. Jika masalah server, Anda akan memerlukan RAM 1GB atau lebih. Rencana VPS standard umumnya diawali dari ukuran 1GB serta ini cukup sudah untuk web dengan traffic yang tidak rendah atau begitu tinggi. Butuh diingat jika Anda memakai cuma beberapa bagian mesin serta bukan semuanya. Anda dapat lihat ketidaksamaan ini jika Anda mulai beli dedicated servers sebab umumnya mereka dari mulai ukuran RAM sebesar 16GB.

Ada faktor-faktor yang butuh Anda lihat sebelum pilih ukuran RAM yang Anda butuhkan.
Storage

Untuk storage atau penyimpanan, Anda dapat pilih di antara memakai hard drives serta SSD. Managed SSD VPS atau VPS SSD yang diurus salah satu pilihan populer sebab Anda akan memperoleh penambahan kecepatan yang relevan. SSD memang dapat disebut mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan dengan hard drive. Tapi untuk jadikan satu computer jadi server memang penambahan kecepatan ialah hal yang sangat penting.


Untuk berapakah banyak penyimpanan yang Anda perlukan, jawabannya kemungkinan mengagetkan Anda. Bila Anda lihat gagasan yang tawarkan ruangan tiga puluh gigabyte, Anda kemungkinan kaget. Hp pintar Anda mempunyai penyimpanan lebih dari itu. Tetapi, Anda tidak bisa pikirkan untuk menghosting seperti piranti pribadi. Bila Anda menghosting situs simpel, umumnya storage Anda akan dipakai untuk menaruh file teks serta asset visual serta keduanya tidak demikian banyak habiskan ingatan storage Anda. Bila Anda pun menghosting e-mail di server yang sama, tentu saja Anda akan cepat kehabisan ingatan.

Pada intinya, Anda butuh mengerti apa yang sebetulnya Anda perlukan untuk disimpan di server Anda. Apa situs Anda memerlukan database yang besar sekali? Apa Anda akan menaruh banyak file multimedia? Ambil inventaris asset Anda sebelum dikeluarkan akan menolong Anda pilih ukuran storage yang pas.

Di artikel ini kami telah mengulas mengenai detail computer server. Tiap computer memang dapat jadikan jadi server tapi butuh diingat jika Anda butuh tahu dahulu apa keperluan Anda sebelum pilih hardware untuk jadikan server.

Jadi provider cloud hosting di Indonesia, kami tawarkan VPS untuk jalan keluar usaha Anda. Untuk info selanjutnya Anda dapat berkunjung ke product page VPS murah kami. Mudah-mudahan artikel ini menolong!

0 Response to "Panduan Memilih Spesifikasi Komputer Server yang Tepat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel